Rabu, 13 Juni 2012

Perbandingan Xperia Arc S dan Xperia Ray


Sony Ericsson Xperia Arc S dan Sony Ericsson Xperia Ray diluncurkan pada saat yang hampir bersamaan. Bisa dikatakan kedua smartphone berbasis Android 2.3 (Gingerbread) ini merupakan satu generasi. Apakah perbedaan dari kedua telepon pintar ini? 


Fisik 
Dari ukuran fisiknya, kedua smartphone ini memiliki ukuran fisik yang sangat berbeda. Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki ukuran yang besar, yaitu 62x125x8mm  sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki ukuran yang kecil, yaitu 53x111x9mm . Meski ukurannya berbeda jauh,tetapi desain fisik keduanya sama-sama bisa dibilang sangat baik, Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki sebuah cekungan di bagian belakang yang membuatnya terlihat sangat tipis dan elegan, sedangkan Sony Ericsson Xperia™ ray  memiliki bodi yang dilengkapi dengan bahan metal dan ketebalan yang cukup tipis membuatnya terlihat elegan. 
Warna Sony Ericsson Xperia™ Arc S

WarnaSony Ericsson Xperia™ Ray


Memori Telepon
Suatu hal yang paling penting bagi sebagian besar orang dalam menilai sebuah smartphone adalah dari spesifikasi hardwarenya,terutama kecepatan processor, RAM, dan memorinya. Kedua smartphone ini sama-sama masih mengandalkan processor single core, tetapi yang membuat keduanya berbeda adalah Sony Ericsson Xperia™  Arc S menggunakan prosesor dengan kecepatan 1,4 GHz sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray menggunakan prosesor berkecepatan 1 GHz. Kedua Smartphone ini memiliki kapasitas RAM  yang sama, yaitu 512 MB. Sedangkan memori internal Sony Ericsson Xperia™ Arc S adalah 1GB sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray 300 MB.


Display
Kedua smartphone ini memiliki resolusi yang sama yaitu 854×420 pixels dengan teknologi Mobile Bravia Engine. Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki ukuran layar 4,2″ dan memiliki video output HDMi (untuk ke televisi) sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki ukuran layar 3,3″ tanpa video output. Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki ukuran layar yang lebih kecil dengan resolusi yang sama dengan Sony Ericsson Xperia™ Arc S,sehingga layar Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki angka ppi(Pixels Per Inch) yang lebih tinggi dibanding Sony Ericsson Xperia™ Arc S. Keduanya memilki kapasitas baterai yang sama,yaitu 1500 mAh.

Sony Ericsson Xperia™ Arc S

Sony Ericsson Xperia™ Ray


Kamera
Fitur kamera kedua smartphone Sony Ericsson Xperia™ ini bisa dibilang kembar, masing -masing memiliki kamera 8,1Mp dengan sensor Exmor R serta dapat merekam video dengan resolusi HD 720p. Salah satu perbedaannya adalah tombol kamera. Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki tombol kamera di sisi sebelah kanan,sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray tidak memiliki tombol kamera. 
Keunggulan Sony Ericsson Xperia™ Ray dibanding Sony Ericsson Xperia™ Arc S dalam hal kamera adalah Sony Ericsson Xperia™ Ray dilengkapi dengan Secondary Camera beresolusi 0,3Mp untuk video call, sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Arc S tidak memiliki Secondary Camera.


Harga
Dari segi harga,memang terdapat perbedaan yang cukup jauh,yaitu sekitar 1 juta rupiah. Saat pertama kali diluncurkan sekitar bulan Oktober,  Xperia™ Ray  di bandroll dengan harga 3.3 juta rupiah, sedangkan Xperia™ Arc S masuk ke pasaran dengan harga sekitar 4,5 juta rupiah.


Sony Ericsson Xperia™ Arc S on hand


Sony Ericsson Xperia™ Ray 


Bagaimana? Smartphone Sony Ericsson Xperia mana yang sesuai dengan Anda? Tentukan yng sesuai dengan kebutuhan, hobi, dan dompet Anda. Selamat memilih!


dikutip dari : http://lkymobileblog.wordpress.com/2012/01/06/perbandingan-sony-ericsson-xperia-arc-s-dan-sony-ericsson-xperia-ray/



1 komentar: